Giliran MTB Kalsel Raup Medali

Roadbike

ICF National Championship 2022 Banyuwangi, Jawa Timur

PUNDI – PUNDI Medali tim sepeda Kalimantan Selatan di even ICF National Championship 2022 atau Kejuaraan Nasional Balap Sepeda 2022 di Banyuwangi, Jawa Timur, kembali bertambah.

Setelah hasil luar biasa di nomor road bike atau jalan raya sebelumnya,  kini Kalsel, Rabu (20/7) meraih medali empat medali di nomor MTB, yakni kategori Cross Country Eliminator (XCE) Women U23 atas nama Yunia Angely dengan medali emas dan Maida Salma dengan medali perak. Medali perunggu di XCE women ini diraih atlet asal Lampung, Ela.

Kemudian tambahan medali perunggu atas nama Rizaldi atau Ridho di kategori Cross Country Eliminator (XCE) Men Elit. Medali emas di kategori ini diraih atlet Jatim, Izha. Sementara perak diraih kompatriotnya Izha sesama Jatim, Aldi.

Tambahan medali Kalsel di hari pertama nomor MTB diraih di kategori Cross Country Team Relay (XCR) dimana Kalsel yang menurunkan empat atlet MTB andalannya, Ridho, Ramadana, Maida dan Yunia berhasil naik podium kedua atau meraih medali perak. Medali emas dan perunggu di kategori XCR ini diraih atlet tuan rumah Jawa Timur.

Dengan hasil ini total medali kontingen balap sepeda Kalsel diajang ICF National Championship 2022 menjadi enam (6) emas, empat (4) perak dan sembilan (9) perunggu. Kalsel menempati posisi kedua di bawah Jatim. Perolehan medali Kalsel masih berpotensi bertambah mengingat masih akan turun di kategori Cross Country (XCO), Kamis (21/7) nanti.

Mountain Bike Cross Country (MTB XCO) Kalsel menurunkan atlet terbaiknya Rizaldi, Ramadana (Men Elit U23), Sandi (Men Junior), Yunia Angely , Elfa, Maida Salma (Women Open).

Sebelumnya dihari pertama gelaran
ICF National Championship 2022, atlet sepeda Kalsel di nomor Road Bike menunjukkan tajinya dengan meraup banyak medali.

Dihari pertama kejurnas jalan raya (Road Bike) Kalsel banyak meraih podium. Di kategori Men U23 1 Individual Time Trial, Naufal Rinaldi meraih medali emas naik dipodium pertama mengungguli atlet DKI Jakarta Dzikri Ramadhan. Naufal asal club Patriot Banjarmasin tersebut masuk finish dengan catatan waktu 27 menit 52 detik. Sementara Dzikri masuk finish 28 menit 32 detik. Bukan hanya Naufal, kompatriotnya Gazali, atlet andalan ISSI Kabupaten Banjar tersebut juga meraih hasil luar biasa di Individual Time Trial U23 1 dengan naik podium ketiga dengan catatan waktu 29 menit 38 detik.

Sementara di Men Elit 1 Individual Time Trial, atlet andalan Kalsel asal Banjarmasin, Muhammad Rivaldi Syahputra berhasil naik podium ketiga meriah medali perunggu dengan catatan waktu 29 menit 54 detik. Rivaldi harus mengakui kecepatan atlet KGB asal DKI Jakarta yang masuk finish dengan catatan waktu 28 menit 01 detik. Sementara podium kedua diraih atlet asal Jambi Naufal Barokah yang masuk finis dengan catatan waktu 29 menit 22 detik.

Di Men Junior 1 Individual Time Trial Kalsel kembali meraih medali emas dengan menaikkan atletnya di podium pertama atas nama Abednego Evan Emanuella yang masuk finis dengan catatan waktu 14 menit 04 detik. Unggul atas atlet asal Kalimantan Tengah, Orlen JR Pongpalilu yang masuk finis dengan catatan waktu 14 menit 16 detik. Sedangkan podium ketiga diraih atlet asal Sumatera Utara, Aditia dengan catatan waktu 14 menit 54 detik.

Dihari pertama, Kalsel kembali menyumbangkan medali perunggu dikategori Women Junior 1 Individial Time Trial atas nama Elfa yang masuk finis dengan catatan waktu 17 menit 22 detik. Di kategori medali emas atau podium pertama diraih atlet Papua, There Lai dengan catatan waktu 16 menit 26 detik. Perak diraih atlet sepeda asal Bali, Adjeng dengan catatan waktu 17 menit 14 detik.

Di hari kedua (17/7) ICF National Championship 2022 dikategori Men Junior 1 Criterium, Kalsel kembali mendulang medali emas dan perunggu lewat Abednego dan Ridho Rolin Fauzi. Emas diraih Evan dengan masuk finis dengan catatan waktu 21 menit 44 detik. Di race sebanyak 6 lap (satu lap 2.2 Km) tersebut Abednego atlet asal Patriot Banjarmasin tersebut mengungguli atlet asal Bengkulu, Aditia yang masuk finis dibelakangnya dengan catatan waktu 21 menit 45 detik. Perunggu diraih Ridho Fauzi yang masuk finis dengan catatan waktu 21 menit 45 detik. Atlet asal 42 Plus Wallout Banjarmasin tersebut kalah tipis persekian detik dengan Aditia.

Dikategori ini Kalsel juga menempatkan atletnya di posisi empat dan lima besar, atas nama Taisir Rizky Akmal dan Alif Firdaus.

Dikategori Women Junior 1 Criterium, Kalsel juga meraih medali emas lewat Elfa yang masuk finis dengan catatan waktu 16 menit 8 detik. Di race 4 putaran tersebut Elfa yang juga andalan ISSI Kabupaten Hulu Sungai Selatan tersebut masuk finis terdepan mengungguli atlet asal Bali Ni Made yang masuk finis kedua dengan catatan waktu 16 menit 9 detik dan Adjeng juga asal Bali yang meraih medali perunggu dengan catatan waktu 16 menit 10 detik.

Hasil apik juga diraih atlet sepeda jalan raya Kalsel dihari kedua, atlet binaaan 42 Plus Wallout, Muhammad Rivaldi Syahputra kembali berhasil menyumbangkan medali emas kategori Men Elit 1 Criterium ICF National Championship 2022.

Di race sebanyak 10 lap (satu lap 2,2 Km) tersebut Rivaldi masuk finish pertama dengan catatan waktu 38 menit 15 detik. Rivaldi mengungguli atlet andalan KGB asal DKI Jakarta, Mohammad Reihan.

“Alhamdulillah tim roadbike Kalsel bisa mendapatkan hasil terbaik, kami sangat berterimakasih kepada Allah SWT, teman teman serta keluarga yang selalu mendukung, dan keberhasilan kami tidak luput dari kerja keras para tim official yang selalu siap siaga mempersiapkan semua kelengkapan dan kebutuhan kami saat bertanding maupun sebelum bertanding, moga ke depannya bisa jadi lebih baik lagi dan tim Kalsel selalu juara,” ungkap Rivaldi.

Hari ketiga di nomor Individual Road Race (IRR) ICF National Championship 2022 yang digelar Senin, (18/7) Kalsel kembali menurunkan Muhammad Rivaldi (Men Elite), Muhammad Noval Renadi, Ahmad Gazali, Adhitya Dharma (Men U23 ), Abednego, Muhammad Alif, Taisir, Ridho Rolin (Men Junior), Elfa (Woman Junior).

Dan Rivaldi kembali meraih medali perunggu di kategori Men Elit 1
Individual Road Race (IRR) . Sementara Gazali yang turun di U23 1 juga berhasil meraih medali perak. Sedangkan Naufal berhasil naik podium ketiga dengan meraih perunggu di kategori U23 1 tersebut.

Hasil bagus juga ditorehkan Abednego yang turun di kategori Men Junior 1 juga meraih medali perak. Sedangkan Cyclis wanita Kalsel, Elfa berhasil menambah pundi-pundi medali Kalsel dengan meraih medali perunggu di kategori
women junior 1.

“Hasil yang dicapai atlet kitasebenarnya di luar ekspetasi kita. Tapi atas dukungan semuanya Kalsel bisa membuktikan juara dan bisa bersaing dan disegani di cabang olahraga sepeda untuk skala nasional,” tutur Ismail, Wakil Ketua Umum ISSI Kalsel.

Sementara Mountain Bike Cross Country (MTB XCO) Kalsel menurunkan atlet terbaiknya
Rizaldi, Ramadana (Men Elit U23), Sandi (Men Junior), Yunia Angely , Elfa, Maida Salma (women open). Atlet-atlet MTB ini baru akan berjuang mulai Selasa, 19 Juli 2022. (Radar Cycling)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *